Nama :
Pratama Bagaskara Ruly Suwandi
Kelas :2G
PengelolaanKurikulumSekolah Standar Nasional
PadaPasal 1 butir 19 Undang-undangnomor 20 tahun
2003tentangSistemPendidikanNasionalmenjelaskanbahwakurikulumadalahseperangkatrencanadanpengaturanmengenaitujuan,
isidanbahanpelajaransertacara yang digunakansebagaipedomanmenyelenggarakankegiatanpembelajaranuntukmencapaitujuanpendidikantertentu.
Kurikulumnasional yang bersifat minimal
padadasarnyadapatdimodifikasiuntukmelayanikebutuhansiswa yang
memilikikecerdasandankemampuanluarbiasa.DengandemikianSekolahKategoriMandiri/SekolahStandarNasionalperluterlebihdulumelakukananalisismateripelajaranuntukmenentukansifatmateri
yang
esensialdankurang.Suatumateridikatakanmemilikikonsepesensialbilamemenuhiunsurkreteriaberikutini
:
(1) Konsepdasar (KD),
(2) Konsep yang menjadidasaruntukkonsepberikut,
(3) Konsep yang
bergunauntukaplikasi,
(4) Konsep yangseringmunculpadaUjianAkhir.
DidalampenerapanSKS,
kurikulumdanbebanbelajarpesertadidikdinyatakandalamsatuankreditsemeser (sks).
Mata pelajarandikelompokkanmenjaditiga,yaitumatapelajaranumum,,matapelajarandasar,
danmatapelajaranpilihan.
.
MPUharusdiambilolehsemuapesertadidiksebagai
proses pembentukanpribadi yang memilikiakhlakmulia, kepribadian, estetika,
jasmani yang sehat, danjiwasebagaiwarganegara yang baikdantaatkepadaaturan-aturan
yang telahadadinegaraindonesia.
MPDharusdiambilpesertadidiksebagailandasanmenguasaisemuabidangilmupengetahuandanteknologi
yang telahtersediadandapatdimanfaatkan.
MPPadalahsejumlahmatapelajaran yang disusunmenjadi program
bidangtertentu yang dipilihsesuaidenganminat,
potensidankebutuhansertaorientasibidangstudi di perguruantinggi.Namun,
matapelajarandari program tertentubolehjugadiambilolehpesertadidik yang
telahmemilih program lain untukmemperkayabidanglainnya yang adaatau yang
belumdiperoleh.